Thursday , October 17 2024
Tips Memilih Mesin Pompa Air Kualitas Terbaik

Tips Memilih Mesin Pompa Air Kualitas Terbaik

Untuk menjaga pasokan air tetap tersedia di rumah maka kamu bisa mendapatkan air dengan menggunakan mesin pompa air. Adapun saat ini kamu bisa memanfaatkan mesin pompa air dari jenis mesin serbaguna yang terdiri dari berbagai tipe dan merek. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan mesin pompa air dari Honda GX 390. Adapun spesifikasi mesin Honda GX 390 ini memiliki daya 15 HP atau 11 kw di mana menggunakan mesin OHV kelas komersial dan sangat efisien dari segi bahan bakar.

Dalam memilih mesin untuk pompa air, pastinya kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Dalam hal ini untuk menemukan pilihan mesin pompa air yang tepat sebagai sumber pemasok air di rumah tangga, apalagi jika tidak menggunakan PDAM.

Memilih Mesin Pompa Air

Dalam memilih mesin pompa air kamu harus pertimbangkan beberapa hal seperti berikut.

1. Kedalaman Sumber Air

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih mesin pompa air adalah ketahui terlebih dahulu kedalaman sumber airnya. Karena jika kamu sudah mengetahui kedalaman sumber air, maka akan lebih mudah untuk menentukan kebutuhan mesin pompa. Tentu saja jika kedalaman sumber air kamu ada di kedalaman 9 m pastinya kebutuhan mesin pompa airnya berbeda dengan jika sumber air berada di kedalaman 20 m.

2. Ketahui Spesifikasi Mesin

Hal kedua yang harus diperhatikan saat memilih mesin pompa air adalah perhatikan spesifikasi yang dihasilkan oleh produk mesin serbaguna. Bahkan ada produk mesin serbaguna untuk menggerakkan pompa air dari satu merek yang sama dengan tipe atau seri berbeda, namun untuk spesifikasinya bisa berbeda pula.

Perhatikan daya pompa yang biasanya diukur dalam HP (horse power) atau Watt. Karena daya pompa akan mempengaruhi kinerja dari pompa itu sendiri. Makin tinggi daya pompa, akan semakin besar kapasitas dan tekanan air yang bisa dihasilkan. Namun perlu diperhatikan untuk tidak memilih daya pompa terlalu tinggi karena bisa mengakibatkan pemborosan energi.

3. Cek Material Konstruksi

Berikutnya penting juga bagi kamu untuk mengecek kualitas dan materi konstruksi yang ada pada mesin. Karena jika mesin memiliki kualitas yang bagus dari segi bahan tentu saja mesin pompa air ini bisa awet dan tahan lama. Mesin pompa air yang awet juga bisa mengatasi berbagai kondisi lingkungan, tanpa harus ada masalah di kemudian hari.

Pastikan mesin pompa air yang kamu pilih berbahan anti karat seperti misalnya menggunakan stainless steel atau besi cor.

4. Ukuran Mesin Pompa Air

Ukuran mesin pompa air juga perlu diperhatikan dengan baik karena setiap pompa air punya ukuran mesin yang berbeda. Ada pompa air yang ukurannya besar maka mesinnya juga besar dan ada pula mesin pompa yang punya ukuran minimalis.

Umumnya mesin pompa dengan ukuran besar banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan luar ruangan agar tidak terlalu berisik ketika digunakan. Sedangkan untuk penggunaan rumahan biasanya mesin pompa yang dibutuhkan memiliki ukuran minimalis misalnya ditempatkan pada sumur yang sempit atau penggunaan dalam ruangan.

5. Garansi yang Diberikan

Penting memperhatikan mesin pompa air yang kamu beli, apakah ada garansi atau tidak. Produk elektronik memiliki garansi namun bisa saja jika kamu tidak cermat malah produk yang dibeli tidak ada garansi sama sekali dan ketika muncul permasalahan di kemudian hari, akan merugikan kamu sebagai pemilik mesin pompa air.

Mesin pompa bergaransi berarti ada jaminan kualitas dari produk tersebut. Bahkan jika mesin mengalami kerusakan atau masalah di kemudian hari, kamu bisa klaim garansi untuk melakukan servis atau penggantian produk selama masa berlaku garansi pastinya.

Mengapa Harus Pilih Mesin Honda GX 390

Tentu saja penting bagi kamu untuk memilih produk mesin pompa air yang fleksibel. Maka dari itu kamu bisa menggunakan mesin penggerak Honda GX 390. Karena mesin ini bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan mulai dari mesin pompa air, penggerak alat pertanian dan perkebunan, di aplikasikan sebagai mesin pemotong rumput dan juga dalam bidang industri.

Mesin penggerak dari Honda ini harganya juga sangat terjangkau dengan kualitas tinggi dan kamu tentu akan mendapatkan garansi selama 1 tahun sejak pembelian produk. Mesin Honda GX 390 ini menggunakan sparepart original dengan bahan bakar yang relatif lebih hemat sehingga efisien untuk berbagai penggunaan. Bahan bakar yang digunakan bensin dengan bobot berat mesin 31 kg dan kapasitas tangki bensin 6,1 liter dengan kapasitas oli 1,1 liter.

Spesifikasi Mesin

  • Mesin Honda OHV Kelas Komersial
  • Torsi 11.3 kW 4000 RPM
  • Isi silinder 389 cm3
  • Diameter x langkah 88.0 x 64.0 mm
  • Rasio kompresi 8.2:1
  • Kapasitas tangki 6.1 Liters Gasoline Oktan 86 or higher
  • Sistem pengapian CDI type magneto ignition without limiter
  • Kapasitas oli 1.1 liter
  • Dimensi (p x l x t) 566 x 462 x437 mm
  • Berat bersih 32,7 kg

Untuk kamu yang sedang cari mesin pompa air pastikan pilih hanya dari merek Honda. Karena sudah pasti produknya berkualitas dan mendapatkan garansi. Kamu bisa beli mesin serbaguna dari Honda ini di dealer resmi lewat Honda Power Product Indonesia. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website Hondapowerproducts.co.id.